Sunday 5 January 2014

Laporan Pendahuluan Pengantara kecerdasan buatan (1)



1.       Sebukan dan jelaskan algoritma apa saja yang digunakan utuk membuat game?
2.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan game knowledge & game theory!

Jawab
1.       Algoritma yang digunakan untuk membuat game 
              MINMAX
       Sebuah prosedur pencarian yang melihat kedepan, memperhatikan apa yang terjadi, kemudian yang              digunakan untuk memilih langkah berikutnya.

-                      ALPHA-BETA PRUNING
       Algoritma ini merupakan improvisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini meningkatkan efisiensi fungsi          minmax dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.

-                   FUZZY
      Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika Boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah       satu bahasa softcomputing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan           yang bersifat ketidak pastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika       Boolean yang hanya memiliki nilai true (1) dan false (0).

-                   ALGORITMA GENETIKA
      Algoritma genetika adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah           pada tugas-tugas pemecahan masalah (problem solving). Pendekatan yang diambil oleh algoritama ini             adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan solusi terbaik didalam suatua kumpulan             (populasi) untuk mendapatkan generasi solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang                       memasimalkan kecocokan atau yang lazim disebut fitness.

-                  ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE)
     Kecerdasan buatan merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer yang membuat agar mesin              (computer) dapat melakukan perkerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awalnya              diciptakan computer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Tapi sekarang peran komputer semakin                  mendominasi kehidupan manusia. Komputer diharapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala          sesuatu yang bisa dikerjakan manusia.

2.               Game knowledge atau pengetahuan permainan yang bertujuan untuk mengumpulkan berbagai koleksi baik pengetahuan dan berbagai macam koleksi lainnya.

        Game theory bertujuan untuk menangkap perilaku dalam situasi strategis, dimana keputusan seseorang sangat tergantung kepada keputusan orang lain.

No comments: